Televisi Empat Warna Dasar

Sudah sejauh mana anda mengenal televisi. mungkin ini adalah informasi yang baru anda ketahui tentang televisi yang anda tonton setiap hari. Selama lebih dan 50 tahun, teknologi televisi hanya mengandalkan 3 warna dasar, merah, hijau dan biru (RGB). Teori warna menyatakan bahwa semua warna dapat direproduksi dengan mencampur warna-warna dasar (primary colors): merah, biru, dan hijau. Televisi berwarna diwujudkan dengan cara memisahkan gambar yang akan ditampilkan ke dalam tiga warna dasar merah, biru, dan hijau dengan media kaca pemisah tiga warna. Setelah tahap pemisahan warna, selanjutnya warna yang telah terpisah tadi diubah menjadi sinyal-sinyal listrik dan kemudian sinyal listrik tersebut dikombinasikan oleh alat khusus. Sinyal yang telah terkombinasikan tadi lalu di terima oleh pesawat penerima (reciever) untuk kemudian dimasukkan ke dalam Cathode Ray Tube (CRT) atau biasa disebut dengan tabung sinar katoda dan akhirnya gambar dapat ditampilkan di layar televisi.

Namun untuk pertama kalinya, Sharp Corporation berhasil menambahkan warna kuning pada tiga warna dasar tersebut. Teknologi UV2A (Ultra Violet Vertical Alignment) pada panel televisi, teknologi photo alignment yang menghasilkan mega contrast, high optical efficiency, dan high speed response. Hasilnya adalah layar mampu menghasilkan kualitas warna yang jauh lebih hidup danbisa menghasilkan triliunan warna (pada TV konvensional biasanya hanya dalam hitungan juta warna).

Teknologi 4 warna yang menambahkan kuning {yellow) kepada tiga warna utama (RGB), memperluas gamut (susunan) warna dan dapat menampilkan hampir semua warna yang bisa dilihat dengan mata telanjang manusia, menghasilkan warna yang lebih solid, natural, dan lebih kaya. Aquos terbaru dengan teknologi LED Quattron memberikan warna yang benar-benar alami, seperti kuning emas, biru laut, biru langit, dan sebagainya Kombinasi panel X-Gen dan ultra LED untuk meningkatkan efek gambar jernih dan mengurangi 40% konsumsi energi.

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts